CARANYA MENJODOHKAN BURUNG KENARI

CARANYA MENJODOHKAN BURUNG KENARI

Bagaimana caranya menjodohkan burung kenari. Ada 4 model perjodohan yang ada dalam perkenarian yaitu : menjodohkan antara JM dengan Tembean; Pemacek dengan Tembean; Pemacek dengan Babon; JM dengan Babon. Kali ini yang akan saya bahas adalah tentang penjodohan antara JM dengan Babon karena yang sudah saya alami adalah model perjodohan tersebut dan untuk saat ini saya juga dalam proses penjodohan antara Pemacek dengan Tembean.

Sebelum terlalu jauh artikel di bahas akan saya jelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud dengan JM, Tembean, Pemacek dan juga Babon.

·          JM = Jantan Muda yang belum pernah di kawinkan (perjaka).
·          Tembean = kenari betina yang belum pernah di kawinkan (perawan).
·          Pemacek = kenari jantan yang sudah pernah di kawinkan.
·          Babon = kenari betina yang sudah pernah produksi.

Modal penting yang harus disiapkan adalah SABAR J jangan terlalu memaksakan kondisi dan waktu biarkan 2 kenari yang akan dijodohkan sudah mengalami birahi yang maksimal.
·          Dekatkan kedua kenari (jantan & betina) setiap hari mulai di jemur sampai tidur.
·          Setelah kedua kenari siap / brai mulai jadikan 1 di sangkar ternak (tanda brai = sayap kleper-kleper sudah saling panggil-panggil nubruk2 sangkar dan kalau betina sudah mulai membuat sarang / angkut2 kertas).
·          Jadikan 1 sangkar kenari betina dan jantan kalau sudah mulai kawin biarkan 2-3 hari dalam 1 sangkar.
·          Bila belum muncul telur di pisahkan dulu ke sangkar masing-masing tapi tetap bisa saling melihat selama kurang lebih 1-2 hari hal ini berfungsi untuk meningkatkan birahi masing-masing kenari.
·          Setelah itu jadikan 1 di sangkar ternak hingga keluar 1 telur.
·          Pisahkan jantan dan betina tersebut.
·          Betina akan mengeluarkan telur di malam hari bisa dicek saat subuh betina akan turun dari susuhan untuk buang kotoran dan juga makan.
·          Kurang lebih masa pengeraman telur adalah 14 hari bingga menetas.
·          Selesai, setelah kurang lebih 1 bulan setelah kenari menetas si betina sudah siap untuk dikawinkan kembali tentunya ketika anakan kenari sudah mau makan sendiri J

Semoga tips caranya menjodohkan burung kenari  bermanfaat buat Anda pencinta burung kenari, Selamat mencoba




*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post