TEMPAT WISATA MENARIK DI BOGOR JAWA BARAT

Tempat Wisata di Bogor Jawa Barat

Tempat Wisata di Bogor Jawa Barat. Anda merencanakan liburan di Bogor? Ini tempat wisata di Bogor Jawa Barat yang cocok untuk liburan, terutama liburan akhir pecan dan liburan akhir tahun. So, pasti dijamin puas dan mengasyikan. 

Kebun Raya Bogor & Istana Bogor
Jika Anda penyuka pemandangan hijau dan udara menyegarkan, maka Kebun Raya Bogor patut direkomendasikan. Kebun ini bukanlah destinasi rekreasi semata, melainkan juga pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan di sana.



Tempat wisata di Bogor yang satu ini telah dikembangkan sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa dahulu kala, dianggap pula sebagai Kebun Botani paling tua di Asia.

Jika Anda menelusuri hingga ke area belakang kebun, terdapat sebuah danau yang indah, lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor. Selain itu, ada sebuah jembatan gantung yang mampu menghadirkan latar fotografi yang unik.

Anda juga dapat menikmati hidangan kuliner di sana, tepatnya di Cafe De daunan. Jika suka, Anda dapat mengenal dan menggali lebih banyak pengetahuan tentang kehidupan flora saat masuk ke Museum Zoologi yang ada di kawasan Kebun Raya Bogor.


Sebagai bagian integral dari Kebun Raya, Istana Bogor adalah bagian yang tak terpisahkan daripadanya. Istana ini pada awalnya bernama Istana Buitenzorg. Ada banyak benda seni yang tersimpan di dalamnya, mulai dari lukisan, patung, keramik, dan lainnya. Tidak kurang terdapat 448 buah lukisan dan 216 buah patung yang dimiliki Istana Bogor ini.
Peta Lokasi: klik di sini

Museum Etnobotani
Museum yang diresmikan sejak tahun 1982 oleh Menristek BJ Habibie pada masa itu memiliki koleksi sekitar 1700 benda dengan penomorannya masing-masing dan dipamerkan dalam ruang kaca. Benda-benda ini merupakan sampel yang digunakan para peneliti di berbagai daerah tatkala meneliti hubungan antara suku-suku asli suatu daerah di Nusantara dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya.


Di Museum Etnobotani, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia. Salah satunya, pakaian suku pedalaman di Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan. Objek wisata Bogor yang satu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dan kalangan luas yang ingin menggali pengetahuan tentang Etnobotani.
Peta Lokasi: klik di sini

Museum Pembela Tanah Air
Kota Bogor tidak hanya kaya akan tempat kulinernya, tetapi juga memiliki catatan sejarah dalam perjuangan Indonesia merdeka. Di masa penjajahan, Jepang pernah mengeluarkan sebuah dekrit untuk membentuk Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan maksud untuk membantu Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu.

Tetapi, korps tentara inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya.



Anda akan mendapati banyak kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka tatkala berkeliling dalam museum Pembela Tanah Air ini. Ini penting untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme yang kuat di tengah gempuran arus zaman yang telah melunturkan rasa kebangsaan banyak generasi muda Indonesia di masa kini.
Peta Lokasi: klik di sini

Situ Gede
Situ Gede adalah tempat wisata harian di Bogor. Dikatakan demikian karena banyak masyarakat Bogor yang datang ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau sekedar berjalan-jalan di areal hutan Situ Gede dan bersantai di sana.



Selain itu, kawasan Situ Gede ini juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi pembuatan film atau sinetron yang pernah ditayangkan di televisi. Lokasi salah satu tempat wisata di Bogor ini berada persis di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI.
Peta Lokasi: klik di sini

Warso Farm
Inilah objek wisata di Bogor bagi Anda yang menyukai buah durian. Warso Farm adalah sebuah perkebunan seluas 8,5 Ha dan merupakan pelopor dalam agrowisata durian di Indonesia. Terdapat sekitar 900 pohon durian di sana dengan varietas mencapai 19 jenis durian.



Tentu saja Anda tidak diperkenankan memetik buah durian dari pohonnya. Selain berkeliling dan memperoleh pengetahuan tentang durian, Anda dapat memesan dan menyantap hidangan buah durian pada tempat yang telah dipersiapkan, baik dalam bentuk jus durian atau memakannya langsung. Jika ingin membawa pulang durian sebagai oleh-oleh, Anda dapat memintanya pada pengelola di sana.


Peta Lokasi: klik di sini


Little Venice Puncak
Terletak di Kota Bunga, selain bisa menginap di salah satu vila yang disewakan di sini Anda juga dapat berkunjung ke kawasan Little Venice.



Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan arsitektur semirip mungkin layaknya Kota Venesia di Italia.



Di sini Anda dapat mencoba berbagai permainan, dari sepeda untuk anak-anak sampai gondola yang bisa Anda dayung sendiri. Ya, kalau malas mendayung bisa juga Anda biarkan petugas yang mendayung gondola, sementara Anda tinggal duduk santai menikmati pemandangan.


Wahana lain yang tak kalah menarik adalah Mississippi Boat Ride dengan perahu yang bertema western.

Little Venice Puncak
Lokasi: Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur
Jam Operasional: 09.00 – 17.00 setiap hari


Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas
Apakah salah satu impian Anda adalah melihat langsung kecantikan bunga sakura? Nah, tanpa perlu membayar mahal untuk terbang ke Jepang, Anda tinggal meluangkan waktu berwisata ke Kebun Raya Cibodas.



Pohon dengan bunga berwarna pink yang identik dengan negara matahari terbit ini sudah ditanam sejak tahun 1971 untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Tak kurang ada 435 pohon bunga sakura yang dapat Anda temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini.

Bahkan pohon sakura di sini lebih hebat daripada di negara asalnya, lho. Kalau di Jepang bunga sakura hanya bermekaran sekali setahun tiap musim semi, di sini Anda bisa menyaksikan keindahan bunga-bunga tersebut 2 kali setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli Agustus! Hal ini disebabkan oleh perbedaan iklim dan kontur tanah.


Selain Taman Sakura, di Kebun Raya Cibodas pengunjung dapat menikmati padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman yang langka, taman lumut yang unik, kolam, sungai, air terjun, air mancur, dan rumah kaca.

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas
Lokasi: Sindanglaya, Cipanas, Cianjur
Cara ke Sana: Menuju ke Kebun Raya Cibodas tidaklah sulit. Dari Jakarta dan Bogor, Kebun raya ini berada di jalur arah ke Puncak, antara Taman Safari-Cipanas. Terdapat papan petunjuk di sisi kanan jalan. Koordinat di sini.
Telepon: 0263-520 448
Jam Operasional: 08.00-17.00
Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya
Berdiri sejak tahun 1993, di areal seluas 5 hektar yang dulunya dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini Anda dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa-rusa menggemaskan.

Di penangkaran yang terletak di Desa Buana Jaya ini dikembangbiakan beberapa jenis rusa, dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Jika ke sana membawa kendaraan pribadi, Anda diwajibkan memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia, lalu melanjutkan perjalanan melewati jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet untuk mencapai tujuan.


Jangan lupa untuk berhenti sebentar dan mengabadikan beberapa gambar ketika berada di atas jembatan tersebut, karena pemandangannya benar-benar menakjubkan!


Setibanya di kawasan penangkaran, makan Anda pun diperkenankan untuk memberi makan dan bermain dengan hewan imut tersebut, dan tentunya berfoto ria. Anda bisa membeli ubi untuk memberi makan rusa yang dijual oleh petugas. Selain makan ubi, di pagi hari rusa-rusa ini biasa menyantap rumput, sedang di malam hari mereka ngemil dedak!


Oh ya, Anda juga diperkenankan untuk membeli dan memelihara rusa tersebut di rumah lho. Asalkan memiliki halaman yang cukup luas dan mengajukan permohonan pembelian ke Dinas Perhutani Kabupaten Bogor di Cibinong. Tapi maksimal hanya boleh tiga ekor saja dan tentunya selama populasi rusa di sini cukup tinggi.

Selain jadi tempat mengembangbiakkan rusa, wana wisata ini juga menyediakan lokasi outbound dan tempat perkemahan yang berkapasitas hingga 200 orang. Siapa tahu Anda tertarik?

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya
Lokasi: Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor (sekitar 40km dari pintu keluar Tol Cibubur dari arah Cileungsi – Jonggol)
Telepon:  022-727 8341 atau 022-6100 6009
Jam Operasional: 07.00 – 17.00


Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Kata siapa di Indonesia tidak ada hutan pinus seperti di Amerika? Di daerah Sentul Selatan Anda bisa menemukan hutan pinus yang sepintas akan membuat Anda lupa kalau sedang berada di Indonesia.



Terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Taman Wisata Alam Gunung Pancar menyuguhkan suasana hutan dengan pepohonan pinus yang ramping dan menjulang tinggi sehingga memberi kesan dramatis sekaligus romantis. Tak heran jika tempat ini kerap dijadikan lokasi pemotretan pre-wedding.


Kalau sudah puas berfoto-foto atau bahkan piknik di tengah udara yang segar dan sejuk, Anda bisa langsung melanjutkan untuk relaksasi di pemandian air panas yang buka 24 jam. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk taman wisata ini.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar
Lokasi: Kp. Ciburial Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Cara ke Sana: Dari arah Jakarta, lewat tol Jagorawi Anda keluar di keluar di Pintu Tol Sentul Selatan, lalu ikuti terus jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak sekitar 13km. Tempat ini juga bisa dicapai menggunakan sepeda motor atau sepeda, melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan. Koordinat di sini.
Telepon: 021-366 5949 / 0812 1344 6514
Website


Mendaki Gunung Batu
Terletak di kawasan Jonggol, Gunung Batu menawarkan sebuah pengalaman tak terlupakan bagi para petualang sejati, terutama Anda yang baru mulai tertarik menggeluti dunia mendaki gunung.



Selama beberapa tahun terakhir, Gunung Batu telah menjadi spot favorit anak-anak muda pecinta alam. Salah satu alasannya karena gunung ini tidak setinggi gunung-gunung lain di Jawa Barat, seperti Gunung Gede atau Gunung Salak, sehingga tak perlu terlalu bersusah payah untuk menaklukkannya.

Rute pendakian diawali dengan jalur tanah yang menanjak. Di tengah perjalanan sebelum puncak, Anda akan dihadapkan dengan sebuah tebing batu. Dan untuk melewatinya Anda mesti mengerahkan sedikit tenaga untuk memanjat.



Beberapa bagian dari pendakian ini memang sedikit menantang, bahkan ada bagian dengan kemiringan lereng nyaris 90 derajat! Untungnya, jika melakukan perjalanan didampingi oleh pemandu, mereka akan menyiapkan peralatan untuk memudahkan pendakian.

Setibanya di puncak, rasa letih pun terbayar lunas oleh panorama yang sangat fantastis. Jangan buru-buru turun, habiskan waktu Anda di puncak untuk bersantai di tengah udara sejuk sambil menikmati pemandangan.



PS: Dalam perjalanan turun, Anda memerlukan tali agar tidak terpeleset dan jatuh. Dan ingatlah untuk melengkapi diri Anda dengan sarung tangan dan sepatu yang layak untuk pendakian.

Gunung Batu
Lokasi: Jl. Gunung Batu, Kecamatan Sukamakmur, Jonggol, Bogor Barat
Jam Operasional: 07.00 – 17.00

Taman Bunga Nusantara
Pernahkah Anda membayangkan berada di taman bunga berwarna-warni yang sejuk, romantis, lengkap dengan suara percikan air, seperti di dunia Alice in Wonderland?


Mungkin yang Anda cari ada di Taman Bunga Nusantara. Tiap bagian taman memiliki bermacam tema yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia, seperti Prancis, Mediterranean, Jepang, dan tentu saja taman bergaya Bali.


Namun bagian yang jadi daya tarik utama dari taman ini adalah Secret Labyrinth alias Taman Rahasia.



Terinspirasi dari konsep Maze Garden dan The Wall of Troy berabad-abad lalu, Taman Rahasia ini menyuguhkan beberapa jebakan lorong yang buntu serta lorong berliku yang berujung pada suatu tempat istimewa.

Taman Bunga Nusantara
Lokasi: Jalan Mariwati Km7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur
Telepon: 0263-581 617 / 0263-581 618
Jam Operasional: 08.00-17.00 (Senin – Jumat), 08.00 – 17.30 (Sabtu, Minggu dan hari libur)
Website

Taman Safari Indonesia
Tak dapat dipungkiri kalau sampai saat ini Taman Safari Indonesia masih menjadi primadona atraksi wisata alam yang ada Indonesia pada umumnya, dan di Bogor pada khususnya. Bisa dibilang, tempat ini salah satu penyebab kemacetan hebat di kawasan Puncak saat musim liburan maupun akhir pekan.


Didirikan pada tahun 1980 di kawasan perkebunan teh Cisarua, taman seluas 50 hektar ini merupakan Taman Safari pertama yang ada di tanah air.


Kini, Taman Safari Indonesia telah diperluas hingga mencapai 168 hektar dan dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi serta fasilitas pendidikan.


Paket yang cukup popular disini adalah safari malam, di mana Anda dapat melihat gerak-gerik hewan di malam hari, termasuk hewan-hewan buas yang biasa dilihat di TV!



Dan apabila menginap di rumah pohon atau hotel Safari Lodge, maka Anda bisa mengikuti safari siang dan safari malam. Lumayan, kan?

Taman Safari Indonesia Bogor
Lokasi: Jalan Raya Puncak, No. 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor
Telepon: 0251-825 0000
Jam Operasional: 07.00 –  17.00
Website 

Cimory Riverside
Di sini, bukan cuma lidah saja yang akan dimanjakan, tapi juga mata Anda! Lokasinya yang tepat di tepi sungai nan jernih di antara pepohonan rindang memberikan sensasi makan yang lain daripada yang lain.


Didukung oleh udara Puncak nan sejuk, Cimory Riverside sangat pas untuk jadi pilihan tempat bersantai di sore hari sambil menikmati pemandangan dan hidangan lezat. Dan asiknya, harga menu di sini cukup terjangkau!

Restoran ini juga dilengkapi dengan taman bermain anak-anak, toko yang menjual aneka produk susu dan yogurt yang jadi andalan, serta pabrik cokelat. Luar biasa!


Cimory Riverside
Lokasi: Jl. Raya Puncak Km. 76, Megamendung, Bogor Timur
Telepon: 0251- 825 2678
Jam Operasional: 08.00 – 20.30

Death by Chocolate
Kira-kira apa jadinya kalau menikmati makanan penutup di tempat yang memiliki suasana sedikit horror? Jangan mengaku penggemar cokelat kalau Anda belum pernah berkunjung ke Death by Chocolate.


Meskipun mengusung tema horror, namun restoran yang terletak di daerah Taman Kencana Bogor ini menyajikan sederetan  dessert dan minuman yang sangat menggoda yang terbuat dari cokelat.  Selain makanan ringan, tersedia juga Frittatas atau Spaghetti apabila Anda ingin makanan berat.

Death by Chocolate
Lokasi: Jl. Ciremai Ujung No. 22, Bogor Utara, Kota Bogor
Telepon: 0251-837 7725
Jam Operasional: 07.00 – 22.00

Ah Poong Floating Market
Berbeda dengan pujasera pada umumnya, pusat kuliner unik yang satu ini berada mengapung di atas sebuah sungai. Tak hanya menyediakan banyak opsi tempat makan, Pasar Ah Poong juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas menarik untuk anak-anak.


Anda tinggal pilih dari sekitar 30 gerai yang ada, ingin mencicipi masakan Indonesia, masakan Cina, masakan Eropa, hingga nasi kebuli khas Timur Tengah semuanya ada di sini. Silakan memilih sesuai selera!

Ah Poong Floating Market
Lokasi: Jl. Ir. H. Djuanda, Sentul City, Bogor
Telepon: 021-8792 6555
Jam Operasional: 08.00 – 22.00
Website 

Kota Bunga Estate
Di Kota Bunga Estate, Puncak terdapat berbagai tipe vila yang bisa Anda sewa. Dari yang bergaya Inggris kuno hingga yang serba bernuansa Jepang. Komplek vila ini terletak di Cipanas, Puncak dan dilengkapi berbagai fasilitas untuk memberi Anda kenyamanan maksimal.


Ada kolam renang, lapangan tenis, taman hiburan mini, kebun binatang mini, ranch tempat menunggang kuda, serta Little Venice alias miniatur Kota Venesia.

Kota Bunga Estate – Villa Adam
Lokasi: Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Kec. Pacet, Cipanas, Cianjur
Telepon: 0812 1454 9304

Villa Rumah Putih
Alternatif lainnya, Anda bisa juga menginap di Villa Rumah Putih. Lokasinya yang berada di pebukitan dekat Gunung Salak membuat atmosfer di sekitar vila ini begitu sejuk dan nyaman. Beberapa fasilitas yang tersedia di vila ini antara lain area outbound, ruang meeting, serta area untuk aktivitas rafting, paintball, dan juga barbecue (lengkap dengan peralatannya!).



Villa Rumah Putih
Harga: Mulai dari Rp850.000,- (2 hari, 1 malam untuk satu orang)
Lokasi: Villa Rumah Putih No. 8, Desa Tajurhalang, Kec. Cijeruk, Bogor
Telepon: 0251-821 2886

R Hotel Rancamaya
Bagi para golfer, nama Rancamaya Bogor terkenal akan lapangan golf bertaraf internasional, tapi belum banyak yang tahu kalau di sini terdapat R Hotel Rancamaya. Begitu pertama tiba, Anda akan langsung disambut dengan pepohonan hijau dan panorama Gunung Salak yang begitu anggun.


Berada di daerah yang sejuk, hotel ini menyajikan banyak areal open air sehingga cocok bagi Anda yang ingin refreshing.

Jika menginap di kamar-kamar di area lagoon, Anda dapat langsung menikmati segarnya signature pool yang menyatu dengan teras belakang kamar.

Serunya lagi, kalau menginap di sini Anda juga dapat menikmati fasilitas golf secara gratis untuk 100 bola pertama, atau bermain dengan rusa di deer park.
Photo via minne

R Hotel Rancamaya
Harga: Mulai dari Rp 810.600,- per malam (Superior Twin Bed)
Lokasi: Jl. Rancamaya Utama, Bogor 16720
Telepon: 0251-824 8899
Website

Highland Park Resort
Akomodasi terakhir di daftar ini adalah salah satu favorit kami, yaitu Highland Park Resort, yang cocok bagi Anda yang berjiwa petualang. Mengusung konsep tenda Mongol, resort ini menawarkan akomodasi yang tak hanya unik namun juga nyaman. Meskipun berbentuk tenda, namun fasilitas di tempat ini sangat lengkap, dari tempat tidur empuk, sofa, toilet, sampai pendingin ruangan!


Highland Park Resort
Harga: Mulai dari Rp1.502.479 per malam
Lokasi: Jl. Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Bogor 16610
Telepon: 0251-848 5777
Website

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPAKB)
Jangan mengaku pemberani kalau Anda tak punya nyali untuk berjalan di atas jembatan yang terbuat dari tali yang terbentang di puncak pepohonan.


Sebagai tempat wisata alam, PPAKB/Ekowisata Bodogol didirikan untuk memperkenalkan kekayaan alam hutan hujan tropis Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango kepada masyarakat.


Agar eksplorasi hutan menjadi lebih seru, pengunjung dianjurkan datang berkelompok. Salah satu aktivitas andalan di sini ialah berjalan di atas jembatan kanopi, yaitu jembatan yang terbuat dari tali dan tergantung memanjang di puncak pepohonan. Dari sini Anda juga boleh menguji keahlian fotografi Anda, mengambil foto keindahan alam yang terlihat dari jembatan kanopi ini.

Bayangkan sensasi melintasi jembatan yang bergoyang sepanjang 400m sambil mengagumi karunia Tuhan yang luar biasa dan diiringi suara hewan liar bersahut-sahutan. Kalau beruntung, Anda bisa melihat hewan langka Owa Jawa dan Elang Jawa!

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPAKB)
Lokasi: Resort PPAKB,  Jl. Raya Bogor – Sukabumi, Desa Bodogol, Lido,  Kabupaten Bogor

Cara ke Sana: Dari Jakarta lewat Jagorawi Anda keluar di Pintu Tol Ciawi, lalu terus menyusuri jalan menuju ke Sukabumi hingga tiba di depan Lido Lake Hotel & Resort (sebelah kiri jalan). Dari Lido menuju Desa Bodogol kira-kira 4km, dan dari Desa Bodogol menuju PPKAB sekitar 3km melalui jalan berbatu. Disarankan menggunakan kendaraan roda 4 dengan gardan ganda atau menyewa ojek. Koordinat di sini.
Telepon: 0251-8224 742 / 8224 963
The Jungle Waterpark
The Jungle Waterpark merupakan sebuah taman rekreasi air yang cocok untuk sarana hiburan keluarga. Ada banyak wahana air dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dicoba.

Ada Kiddy Pool, tempat anak-anak dapat puas bermain, lengkap dengan pistol-pistolan air, perosotan melingkar, dan banyak lagi.

Dan yang tak kalah menarik serta jadi favorit adalah kolam arus Lazy River sepanjang 400 meter yang mengelilingi akuarium raksasa berisi ikan-ikan langka, serta Leisure Pool di mana pengunjung dapat berendam sambil menikmati santapan lezat di tengah kolam, tempat di mana foodcourt-nya berada.



Pokoknya ini adalah tempat yang tepat jika Anda ingin bersantai sekaligus bersenang-senang bersama keluarga atau teman-teman. Kalau malas basah-basahan, nongkrong saja di panggung utama The Jungle Waterpark untuk menonton pertunjukan musik.

The Jungle Waterpark
Lokasi: Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Selatan
Telepon: 0251-821 2666
Jam Operasional: 10.00 – 18.00 (hari biasa), 09.00 – 18.00 (akhir pekan dan libur nasional). 09.00 – 20.00 (high season)
Website 

Curug Cikoneng
Selain kaya akan kuliner, Bogor juga menyimpan banyak pesona alam yang amat menawan,

Di sini terdapat banyak sekali air terjun, dan salah satu yang cukup terkenal adalah Curug Cikoneng atau juga dikenal sebagai Curug Bidadari.


Nama Cikoneng sendiri berasal dari Bahasa Sunda “cai” atau air dan Koneng, tempat di mana air terjun ini berada, yaitu Bojong Koneng.


Sejak dikelola oleh Sentul Paradise Park, curug ini berubah nama menjadi Curug Bidadari. Di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup besar dan jernih yang dapat digunakan untuk berenang sambil main perosotan atau sekadar berendam dan menikmati kolam arus mini.

Anda juga bisa bersantai di menikmati udara sejuk pegunungan di area sisi luar kolam yang berpasir putih layaknya pantai. Atau kalau ingin aktivitas menantang cobalah meluncur dengan flying fox melintasi kolam renang.

Curug Cikoneng/Curug Bidadari
Lokasi: Desa Bojong Koneng, Sentul Paradise Park, Sentul Selatan, Bogor
Cara ke Sana: Dari arah Jakarta lewat Jagorawi Anda tinggal keluar di pintu tol Sentul Selatan, lalu belok kiri terus sampai melewati perumahan dan masuk Desa Bojong Koneng. Tinggal ikuti penunjuk arah. Koordinat di sini.
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 (hari biasa), 07.30 – 18.30 (akhir pekan)


Kampung Budaya Sindangbarang
Berjarak sekitar 5 kilometer dari Kota Bogor, Kampung Budaya Sindangbarang merupakan kampung tertua di Bogor. Menurut sumber Pantun Bogor serta Babad Pajajaran, kampung ini sudah berdiri sejak jaman Kerajaan Sunda pada abad ke-7 masehi!


Di kampung budaya Anda akan diajak merasakan suasana kampung Sunda tempo dulu, dengan 8 jenis kesenian Sunda yang sudah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya.

Terdapat pula beberapa situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran yang amat menarik berupa Bukit-bukit Berundak. Dan setiap tahun, masyarakat setempat mengadakan upacara adat Seren Taun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur terhadap Sang Maha Kuasa atas rejeki berupa panen dan hasil bumi yang melimpah.


Karena telah dijadikan kampung budaya, maka para pengunjung yang datang ke Sindangbarang dapat menginap di rumah-rumah adat dan merasakan suasana kehidupan masyarakat perkampungan sehari-hari. Anda dapat tinggal bersama kokolot atau tetua desa dan para seniman tradisional untuk mempelajari berbagai kesenian tradisional.

Bukan hanya itu saja, Anda juga akan diajak melihat para ibu yang sedang menumbuk padi di lesung, serta memasak menggunakan kayu bakar dan hawu (kompor tradisional Sunda). Pengalaman yang berharga bukan?

Kampung Budaya Sindangbarang
Lokasi: Jl. Endang Suma Wijaya, RT02 RW08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor
Telepon: 0857 1909 3544
Jam Operasional: 07.00 – 17.00



Pura Parahyangan Agung Jagatkartta
Bukan sekadar obyek wisata, hingga kini Pura Parahyangan Agung Jagatkartta masih digunakan sebagai tempat peribadatan oleh masyarakat Hindu, khususnya yang tinggal di Jawa Barat.

Sebelum memasuk bagian utama komplek ini, terdapat dua buah pura, yaitu Pura Melanting dan Pura Pasar Agung yang khusus digunakan untuk beribadah, di mana sesajen disucikan terlebih dahulu sebelum dipersembahkan kepada para dewa di Pura Jagatkartta.


Umumnya, pura utama di komplek ini tertutup bagi wisatawan, kecuali bagi mereka yang ingin memanjatkan ritual. Satu-satunya area yang bisa dimasuki wisatawan adalah bagian alun-alun.

Meskipun demikian, Anda masih tetap dapat menikmati keanggunan pura ini dengan latar belakang Gunung Salak yang megah serta taman-taman cantik di sekeliling pura.Tempat yang sangat ideal jika Anda ingin mencari ketenangan batin dan pengalaman yang bersifat spiritual.


Pura Jagatkartta merupakan pura terbesar di Jawa Barat, dan yang terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Tempat ini juga diyakini sebagai makam dan tempat pemujaan para leluhur Kerajaan Padjadjaran yang dulu berkuasa di Parahyangan.

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta
Lokasi: Kampung Warungloa RT03/09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, kaki Gunung Salak, 13km selatan Bogor.
Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Koordinat di sini: -6.66959,106.73544


Raja Factory Outlet
Sama seperti Bandung, di Bogor juga surga belanja tempat factory outlet bertebaran di mana-mana.


Apalagi jika Anda menyusuri kawasan utama Jalan Pajajaran, Anda bakal dengan mudah menemukan factory outlet hampir di setiap kanan-kiri jalan dan masing-masing memberikan tawaran yang menarik.

Seperti factory outlet lainnya, Raja Factory Outlet memiliki koleksi barang-barang bermerek dengan harga miring. Dan pada saat menjelang Ramadhan atau Natal, tempat ini pun menawarkan diskon yang sungguh menggoda! Pilihan produknya cukup beragam dari pakaian wanita hingga anak-anak.

PS: Berbeda dengan FO lain di Bogor, di Raja Factory Outlet terdapat beberapa spot menarik untuk berfoto ria.

Raja Factory Outlet
Lokasi: Jl. Raya Pajajaran, No. 3, RT02/04, Bogor
Telepon: 0251-835 5253
Jam Operasional: 10.00 – 21.00

Taman Matahari Puncak
Sebagai pusat rekreasi dan pendidikan, Taman Matahari juga menyediakan fasilitas rafting yang cocok untuk penyuka tantangan.


Dibandingkan dengan lokasi arung jeram lain di Sukabumi dan Cianjur, mengarungi Sungai Ciliwung di Taman Matahari tentu bisa jadi alternatif menarik bagi para pemula. Selain karena jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, biaya yang harus dikeluarkan pun sangat terjangkau!

Terdapat dua pilihan rute di sini, yang berjarak 600m atau 3km. Medannya tidak terlalu ekstrim dan jaraknya juga tak terlalu panjang, sehingga cukup aman untuk membawa anak kecil sekalipun (asal bukan balita, ya).

Taman Matahari Puncak
Lokasi: Jalan Raya Puncak Km. 77-78, Cilember, Jogjogan, Cisarua, Bogor
Telepon: 0251-825 5388
Jam Operasional: 07.00 – 17.00
Website

Perkebunan Teh Gunung Mas
Apakah rekreasi menunggang kuda di tengah-tengah hamparan pohon teh yang hijau dan udara pegunungan yang sejuk terdengar begitu menggoda?

Kalau begitu, Anda harus segera menjadwalkan kunjungan ke Perkebunan Teh Gunung Mas. Sejauh mata memandang yang tampak adalah barisan tanaman teh yang menyerupai hamparan permadani hijau. Dan Anda dapat menikmati keindahan alam yang memesona ini sambil duduk di atas pelana kuda.


Aktivitas lain yang terdapat di sini adalah tea walk alias berjalan-jalan menyusuri perkebunan teh sambil didampingi pemandu yang akan memberikan segala informasi tentang hasil perkebunan andalan Jawa Barat ini. Anda juga dapat berkunjung ke pabrik teh atau bahkan menginap di pondok-pondok unik yang disediakan. Bayangkan bangun di pagi hari dengan udara sejuk dan pemandangan seindah ini. Dan kalau ingin berenang, tinggal meluncur ke kolam renang Tirta Mas!

Perkebunan Teh Gunung Mas
Lokasi: Jl Raya Ouncak, Kotak Pos 6, Km. 27, Cisarua, Bogor
Telepon: 0251-825 0356
Jam Operasional: 09.00 – 17.00
Website 


Fly Indonesia Paragliding
Jika Anda ingin mencari aktivitas ekstrim di Bogor, cobalah terbang dengan paralayang di Bukit Paralayang, Puncak.


Sensasi terbang setinggi 1,3km di atas permukaan laut tentu akan jadi pengalaman paling berkesan dalam hidup Anda.

Tak perlu takut kalau belum pernah mencoba sebelumnya, karena Anda akan ditemani oleh instruktur berpengalaman yang akan ikut terbang secara tandem bersama Anda selama 15 menit.

Satu hal yang perlu diingat, sebelum melakukan olahraga ekstrim ini, kenakanlah pakaian yang nyaman dengan alas kaki yang sesuai (jangan pakai rok dan mengenakan sandal!).

Jangan lupa membawa serta kamera kesayangan Anda, karena terbang dengan paralayang ini begitu mulus, sehingga Anda akan sempat untuk mengambil beberapa gambar pemandangan spektakuler ketika melayang di atas.

Di kejauhan akan tampak pula Gunung Salak yang begitu gagahnya!

Fly Indonesia Paragliding
Lokasi: Jl. Raya Puncak, Km.87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor

Telepon: 021-8795 2963 / 0857 1795 1289
Jam Operasional: 09.00 – 17.00




= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post