ARTI SEBUAH KECANTIKAN

Arti cantik  bagi kaum hawa memang lebih mengarah pada segi fisik. Wanita cantik adalah ia yang memiliki wajah cerah, bersih, bertubuh indah, berambut panjang. Yang segala sesuatunya mengarah ke fisik.

Namun, tidak semua kecantikan dapat diukur dari segi fisik. Cantik bisa saja berbentuk relatif dan sulit untuk dideskripsikan. Dian Sastrowardoyo  Dian mengungkapkan cantik itu adalah sebuah proses. Wanita yang cantik adalah wanita yang nyaman dengan diri sendiri namun tidak juga terpaku pada zona nyaman tersebut. Wanita cantik akan melakukan perubahan pada dirinya menjadi lebih baik lagi.

Sementara menurut Maudy Ayunda cantik adalah percaya diri. Saat seorang wanita percaya diri dengan penampilannya ia akan memiliki aura cantik. Wanita yang percaya diri akan merawat kecantikannya. untuk mendukung kepercayan diri tersebut ia melakukan berbagai hal mulai dari perawatan kecantikan.

Psikolog Efni Indriani mengatakan, cantik itu tidak hanya dilihat secara fisik tapi juga memiliki tiga elemen secara psikologi. " Cantik secara psikologis itu satu paket komplit, mind, body, and soul," ucap Efni Indriani saat ditemui di Kawasan Menteng Jakarta.

Menurut Efni konsep mind, body and soul saling berkaitan walapun berbeda. Secara mind, di dalam pikirannya dia punya paradigma berpikir kalau aku cantik.

Body berarti perempuan akan melakukan berbagai perawatan untuk menjaga kecantikannya dan membuat cantiknya lebih terpancar. Sedangkan soul itu dengan berperilaku santun dan berperilaku ramah.

" Menyadari bahwa dirinya cantik lalu merawat diri dan menyukuri dengan menemukan the meaning of life dari potensi yang kita punya dan berperilaku baik," kata Efni dengan penuh semangat.


Dengan adanya mind, body and soul pada diri seorang perempuan maka itu yang bisa dikatakan cantik seutuhnya. Jadi cantik itu datang dari harinya bukan dari standar normatif yang dikatakan cantik.

" Kecantikan yang dia punya akan menjadi enough power bukan karena memamerkan kecantikan yang dimiliki. This is my body atau this is my face dan cantik complete packageakan tercermin dalam perilakunya, bukan cuma standar normatif," ucap Efni


1 Comments

  1. Wow, cantik bangeeeet. Jangan lupa kunjungi juga laman https://jabatanfungsionalpns.blogspot.com/

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post