TEMPAT WISATA DI JAMBI

Tempat wisata di Jambi


Tempat wisata di Jambi. Sudahkan menentukan Tempat Wisata Untuk Liburan akhir pekan, liburan Natal dan acara liburan tahun baru. Jika belum ada baik Anda pergi berwisata ke Jambi. Di Jambi banyak Tempat Wisata favorit yang dapat digunakan Untuk Libur Akhir Pekan, Libur Natal dan Liburan Perayaan Tahun Baru

Tempat Wisata di Jambi Untuk Libur Akhir Pekan Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru  beraneka ragama ada wisata alam. Wisata pantai, kuliner dan lainnya. Tuk lebih jelasnya berikut ini Tempat Wisata di Jambi Untuk Liburan Akhir Pekan, Liburan Natal dan Perayaan Tahun Baru.


Air terjun Sigerincing, Jambi
Air terjun Sigerincing

Air terjun Sigerincing merupakan air terjun yang terletak di Desa Tuo, Kecamatan Lembah Mesurai, Merangin, Jambi. Air terjun ini memiliki ketinggian 62 meter. Air terjun ini bersumber dari sungai siau yg berulu di gunung masurai. airnya masih jernih dan dapat diminum langsung tanpa di masak, di bawah air terjun ini juga terdapat lubuk larangan yg terdapat beberapa spesies ikan.

Jika ingin ke air terjun segerincing ini kita tidak perlu capek-capek atau penat bahaso dusun tuo nyo karena kenderaan roda 4 dan 2 sudah bisa mencapai kepala air terjun ini, air terjun ini juga cocok untuk tempat liburan keluarga, dengan banyak batu2 besar di sekitar air terjun ini yg bisa di jadikan untuk tempat santai dan makan-makan.

Danau Kerinci Jambi
Danau Kerinci
Danau kerinci merupakan salah satu objek wisata di Provinsi Jambi yang cukup populer. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Luas danau ini mencapai 4.200 Ha dengan tingkat kedalaman mencapai 110 meter. Danau kerinci diperkirakan berasal dari hasil letusan gunung berapi dan juga pegunungan bukit barisan yang ada di sepanjang Pulau Sumatera.

Dii danau ini, Anda dapat melakukan banyak sekali kegiatan yang seru dan menarik. Contohnya seperti Memancing ikan, berenang, hingga bermain air, semuanya dapat Anda lakukan di danau ini. Kondisi danau ini tergolong masih cukup asri. Air danau masih belum tercemar, sehingga masih ada cukup banyak ikan di danau ini. Bagi Anda yang hobi memancing, maka danau ini merupakan surga bagi Anda.

Lokasi Danau Kerinci ada di Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di Kaki Gunung Raja. Danau ini membentang luas mengitari kaki gunung raja sepanjang lebih dari 70 KM.

Gunung Kerinci Jambi
Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung berapi dengan ketinggian 3.805 mdpl yang sekaligus merupakan gunung berapi tertinggi se Asia Tenggara. Gunung api yang masih aktif ini terletak di area perbatasan provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. Gunung ini memiliki berbagai julukan diantaranya yaitu Gunung Gadang, Korinci, Berapi Kurinci, dan Puncak Indrapura. Gunung yang termasuk dalam jenis Strato Vulcano ini secara administrasi berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.


Jika anda mendaki gunung kerinci dan sampai di puncak maka anda akan disuguhkan dengan panorama kawah yang begitu mempesona. Luasnya kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci ini 400 x 120 meter persegi dengan kedalaman mencapai 600 meter. Sedangkan di sebelah utara, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan danau Bento. Danau Bento memiliki air yang bersih dan jernih, yang seakan belum pernah tersentuh oleh tangan manusia.

Lokasi Gunung Kerinci cukup mudah dijangkau, dimana lokasi nya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Danau Belibis Jambi

Danau Belibis

Danau belibis merupakan danau yang terletak berdekatan dengan gunung ayam. Pesona Wisata Jambi Danau belibis suatu danau kecil yang seluruh permukaanya hampir tertutup dengan belibis-belibis yangh hidup di daerah tersebut, dan uniknya lagi di tengah-tengah danau tsb. ada pulaau yg terapung yang berputar-putar mengelilingui danau yang konon katanya pulau tsb.


Danau belibis, sesuai dengan namanya, dimana di danau itu banyak terdapat sebuah populasi belibis yang hidup di sekitar danau. Pesona Wisata Jambi Danau belibis terletak di atas ketinggian lebih dari 1000 mdpl tepat berada di kaki gunung kerinci. Yang secara geografis berada dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Berikut ini Tempat Wisata di Jambi Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru 2017


Danau Gunung Tujuh Kerinci

Danau Gunung Tujuh Kerinci
Danau Gunung Tujuh Kerinci merupakan sebuah wisata danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya berada di puncak Gunung Kerinci, Jambi. Taman Nasional ini merupakan wilayah flora dan fauna yang terbesar di pulau Sumatera dan merupakan wilayah yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Berwisata ke tempat tempat yang bertajuk alam memang selalu menarik. Apabila berbicara tentang wisata yang bertajuk Alam, Indonesia selalu hadir dalam jajaran teratas wilayah yang memiliki panorama alam yang luar biasa. Hampir di setiap daerah memiliki spot terbaik nya sendiri dalam menghadirkan pesona keindahan alam. Seperti hal nya wisata yang ada di Jambi ini, Danau Gunung Tujuh Kerinci yang menyimpan sejuta eksotisme yang bisa membuat mata terasa segar.




Danau Gunung Tujuh Kerinci terletak di Desa Pelompek, Kec. Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi nya sedikit agak jauh, dimana dari pusat Kota Jambi menuju lokasi wisata kurang lebih memakan waktu 3,5 jam perjalanan.



Tanggo Rajo Jambi

Tanggo Rajo
Tempat Wisata Tanggo Rajo tidak berbeda jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau yang biasa disebut Pantai Losari, menawarkan wisata kuliner yang terdapat di tepi perairan. Tanggo Rajo banyak dikunjungi pada sa'at sore dan malan hari karena pemandangan Sungai Batanghari yang cukup indah dan menarik, yakni merupakan sungai terpanjang di Sumatra. Tanggo Rajo banyak dikunjungi oleh orang yang memiliki hobi memancing, karena lokasinya yang pas dan nyaman sebagai tempat menyalurkan hobi mereka.

Danau Sipin Jambi

Danau Sipin

Tempat wisata danau Sipin merupakan danau yang terletak Kecamatan Telanai Pura, Kota Jambi, Jambi menawarkan pemandangan alam yang cukup menenangkan, tak heran jika danau Sipin menjadi tempat favorit untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja, jika kamu kesini maka jangan heran apabila kamu akan menemukan banyak pasangan yang sedang bersantai di dekat danau. Danau Sipin akan ramai saat sore hari, bahkan tak jarang pula terjadi kemacetan terutama saat hari libur, jadi jika kamu ingin kesini sangat disarankan untuk datang lebih awal, di kawasan danau Sipin juga sudah terdapat kursi kursi yang bisa anda gunakan untuk bersantai.


Selain itu anda jika di danau Sipin bisa melihat pemandangan aktivitas warga yang sedang mengelola keramba ikannya, di tengah danau sendiri terdapat banyak keramba ikan milik warga sekitar, di sekitarnya juga terdapat rumah panggung yang biasa digunakan untuk beristirahat para pencari ikan, tak hanya itu, danau Sipin juga menawarkan pemandangan sunset yang indah, sangat cocok untuk kamu lihat bersama pasangan agar suasana lebih romantis.

Taman Nasional Kerinci Seblat Jambi


Taman Nasional kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Taman Nasional yang satu ini terbentang di empat provinsi besar yang ada di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan.


Taman Nasional ini memiliki koleksi satwa-satwa endemik langka lebih banyak dari yang lainnya. Di taman nasional ini, Anda akan disugukan keindahan hutan hujan trofis Indonesia disertai dengan berbagai macam satwa liar yang sudah hampir punah.

Selain itu, Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki suasan pemandangan alam yang indah. Tidak hanya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup tapi juga pesona Gunung Kerinci dan Danau Kerinci yang semakin menambah kesan asri.

Taman Anggrek Sri Soedewi


Taman Anggrek Sri Soedewi

Tempat wisata yang satu ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang gemar berkebun, apalagi bagi anda yang sangat mencintai tanaman, khususnya bunga anggrek, pasti anda tahu bahwa mengurus tanaman anggrek bukanlah hal yang mudah, butuh kesabaran ekstra, ketelatenan, serta perawatan yang mahal dan tidak boleh sembarangan, jadi wajar saja jika harganya memang tinggi.


Taman anggrek Sri Soedewi ini memang tempat sangat bagus untuk dikunjungi. Akan tetapi setiap pengunjung yang ingin masuk ke areal taman ini harus melaporkan diri terlebih dahulu ke kantor Dinas Pertanian Provinsi Jambi yang jaraknya memang tidak begitu jauh dari lokasi taman anggrek ini, hanya sekitar 100 meter dari Objek wisata Taman Anggrek Sri Soedewi.

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi 


Taman Mini dan Taman Rimba

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi merupakan satu diantara tempat wisata andalan yang ada di Kota Jambi. Taman ini ada di tengah-tengah kota serta tak jauh dari Bandar Hawa Sulthan Thaha Syaifuddin. Kehadiran tempat wisata ini adalah usaha pemerintah setempat untuk sediakan tempat hiburan yang nyaman untuk orang-orang kota di dalam minimnya fasilitas bermain, taman hiburan, serta obyek wisata di Kota Jambi.


Di sini menawarkan taman rekreasi, sarana olah raga, dan wisata budaya. Konsep yang sama dengan Taman Mini di Jakarta, yakni menampilkan replika bangunan khas daerah. Yang membedakan adalah , jika di Jakarta menampilkan budaya seluruh daerah Indonesia, tetapi disini hanya menampilkan budaya disetiap kabupaten Janbi.

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi disebut sebagai candi beraliran Buddhisme peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Tempat wisata di Jambi ini juga disebut sebagai kompleks candi terluas di Indonesia. Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan candi yang berupa susunan batu bata merah ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang wajib dilindungi.


Selain candi, ditemukan juga perkakas rumah tangga yang membuktikan bahwa kawasan ini dulu digunakan sebagai tempat tinggal para biksu. Ada juga keramik Cina dari dinasti Song yang menandakan adanya hubungan intermasional antara Kerajaan Sriwijaya dengan bangsa Cina dahulu. Tempat wisata budaya ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi.

Berikut ini Tempat Wisata lainnya di Jambi Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru

Monumen Nasional Jambi 

Monas Jambi

Monumen Nasional tidak hanya ada di Kota Jakarta saja, Jambi juga memiliki replika monumen ini, tepatnya berlokasi di bundaran kompleks pemerintah kota. Monas adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang banyak di kunjungi untuk membuktikan kemiripannya dengan Monas yang ada di Kota Jakarta.


Dilihat sekilas, Monas di Jambi ini memang mirip bentuknya dengan Monas di Jakarta, hanya saja ukurannnya lebih kecil. Hal lain yang membedakan kedua Monas ini adalah 4 buah jam dinding di setiap sisi Monas dan 4 buah ukiran yang ada di bawahnya.

Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi merupakan tempat wisata pilihan yang tepat dan wajib anda kunjungi jika sedang di Jambi. Letak tempat wisata ini ada di Jalan Urip Sumoharjo No.1 Jambi. Bentuk bangunan museum ini dirancang menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi.


Di tempat ini, Anda dapat menemukan banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi dan juga binatang yang diawetkan.

Taman Remaja Jambi

Taman Remaja Jambi

Taman Remaja yang dikenal dengan sebutan TR, merupakan taman yang dibanggakan oleh masyarakat Kota Jambi. Selain tempatnya yang strategis di pusat perkantoran Pemkot Jambi, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Balai Kota Jambi. Taman Remaja yang mirip seperti Gelanggang Remaja ini sering dijadikan sebagai ajang pentas seni remaja seluruh provinsi ini.


Kolam Renang Tepian Rajo

Kolam Renang Tepian Rajo Jambi

Kolam Renang Tepian Rajo adalah kolam renang yang digunakan sebagai pusat kegiatan cabang olahraga renang dan polo air dan merupakan kolam renang standard international. Kolam Renang Tepian Rajo Berada di Jl. Kapten Sujono, Kecamatan Kota Baru, 6 km dari pusat kota Jambi.


Kolam renang ini memiliki ukuran 20 x 50 meter persegi dan berstandar internasional. Disini terdapat kolam renang dewasa dan kolam renang anak - anak. Tak hanya renang, Kolam Renang Tepian Rajo juga digunakan sebagai tempat pertandingan polo air dan seringkali diadakan latihan disini.

Dekranasda Jambi

Dekranasda Jambi

Dekranasda Jambi merupakan tempat pemasaran berbagai macam batik khas Jambi, kerajinan anyaman rotan/bambu, ukiran kayu dari Betung, perhiasan batu-batuan dan berbagai macam hasil kerajinan khas Jambi. Selain itu juga tersedia produk makanan & minuman khas Jambi seperti, kopi, teh kayu aro, dodol nanas tangkit, keripik dan dodol kentang Kerinci, dll.


Lokasi ini merupakan pusat tempat barang kerajinan murah. Alamatnya di jalan Sudirman (depan Mapolda) Kecamatan Jambi Selatan.

Sanggar Batik Jambi

Sanggar Batik Jambi

Tempat Wisata Sanggar Batik ini banyak memamerkan Kerajinan tangan PKK Provinsi Jambi. Di Sanggar banyak di jual aneka tenun dan kain songket yang menjadi cirikhas Jambi. Tidak hanya itu saja, karena seperti sulam benang emas dan aneka kerajinan rotan bisa dibeli dengan harga wajar, malah boleh dibilang lebih murah dari pada beli barang sejenis ditempat lain.


Sebagian besar pewarnaan batik Jambi diambil dari bahan-bahan alami yang ada di alam sekitar Jambi, yaitu campuran dari aneka ragam kayu dan tumbuh-tumbuhan. Alamat sanggar ini berada di Jalan Sri Soedewi, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

Masih penasaran, berikut ini Tempat Wisata Lainnya di Jambi Untuk Akhir Pekan, Libur Natal dan Perayaan Tahun Baru. 


Kebun Teh Kayu Aro

Perkebunan Teh Kayu Jambi

Tempat Wisata Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki beberapa keistimewaan, kebun teh ini merupakan perkebunan teh tertua di Tanah Air dimana sudah ada semenjak masa penjajahan kolonial Hindia Belanda tahun 1925. Kedua, perkebunan ini tersebut merupakan yang terluas dan tertinggi kedua di dunia setelah Perkebunan Teh Darjeeling yang ada di India.


Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki luas sekira 2,500 hektar dan berada di ketinggian 1.600 m dpl. Ketiga, teh yang ditanam di Perkebunan Teh Kayu Aro adalah teh ortodox atau yang lebih dikenal dengan nama teh hitam dimana merupakan teh berkualitas tinggi. bagaimana menarik bukan? kebun teh ini, anda bisa berkunjungi bersama keluarga ataupun teman kesini biar lebih lengkap dalam berwisatanya.

Istana Sultan Thaha Saifuddin

Istana Sultan Thaha Saifuddin

Kesultanan Jambi adalah kerajaan Islam yang berkedudukan di provinsi Jambi sekarang. Kerajaan ini berbatasan dengan Kerajaan Indragiri dan kerajaan-kerajaan Minangkabau seperti Siguntur dan Lima Kota di utara. Di selatan kerajaan ini berbatasan dengan Kesultanan Palembang. Jambi juga mengendalikan lembah Kerinci, meskipun pada akhir masa kekuasaannya kekuasaan nominal ini tidak lagi dipedulikan.


Sultan Thaha Saifuddin merupakan salah satu pahlawan nasional asal Jambi namun sejarah tak banyak mengisahkan tentang perjalanan hidup dan lika-liku perjuangan yang dihadapi Sultan Thaha Saifuddin dalam usaha melawan penjajah demi mempertahankan nusantara. Untuk menghargai dan mengenang jasa Sultan Thaha Saifuddin maka Pemerintah Jambi menjadikan Istana Sultan Thaha Saifuddin dan Makam Sultan Thaha Saifuddin sebagai cagar alam yang harus dijaga kelestariannya.

Pasar Keramik Sitimang Jambi

Pasar Keramik Sitimang Jambi

Pasar Keramik yang terletak di belakang lokasi Ex Bioskop Mega Pasar Jambi tidak hanya menyediakan Keramik Import, tetapi juga menyediakan surga belanja fashion import dengan harga bervariasi bagi para peminatnya. Pasar ini tidak pernah terlihat sepi oleh pengunjung. Banyak orang yang datang ke pasar itu untuk membeli barang-barang kesukaannya ataupun hanya sekedar untuk jalan-jalan melihat lokasi pasar..


Di pasar ini, Anda bisa menemukan keramik dalam berbagai bentuk seperti toples, guci, peralatan makan sampai hiasan rumah. Keramik-keramik yang dijual di sini dikirim langsung dari Cina dan motifnya sulit Anda temukan di tempat lain. Nah bagaiamana? Mungkin anda tertarik ingin membeli Keramik yang bagus untuk dipajang rumah anda. anda bisa datang ke pasar ini saja, anda tidak bakalan menyesal.




= Baca Juga =



*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post