SITUS BATU GOONG, PANDEGLANG

SITUS BATU GOONG, PANDEGLANG
Apa dan di mana Situs Batu Goong, Pandeglang. Sebelumnya tahu Anda apa yang dimaksud situs? Dalam kajian sejarah atau budaya situs adalah tempat ditemukannya benda-benda bersejarah. Jadi situs di sini maksud bukan alamat web ya, tapi tempat-tempat yang bersejarah. Nah, kali ini admin mengajak pembaca untuk mengenali Situs Batu Goong yang berada di Kabupaten Pandeglang


Situs Batu Goong, Padeglang adalah sebuah punden berundak yang merekayasa bentukan alam. Pada bagian tertinggi di tempatkan Batu Goong bersama menhir. Situs Batu Goong initnya merupakan sebuah menhir (berdiri di tengah-tengah sabagai pusat) dikelilingi oleh batu-batu yang berbentuk gamelan separti gong dan batu pelinggih berjumlah 18 buah batu. Rata-rata ukuran batu di situs ini sekitar tinggi 22 cm dan ketebalan 12 cm. Formasi batu Goong yang mengelilingi menhir ini lazim disebut formasi “ temu gelang”

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah apabila ditarik garis lurus arah barat – timur, mulai dari puncak Gunung Pulosari maka tepat antara Batu Gaoong, Sanghyang Dengdek akan berakhir di puncak Gunung Pulosari sebagai “ kiblat” persembahan tempat roh nenek moyang. Anggapan ini tidak berlebihan mengingat Babad Banten yang merupakan produk dari masa Islam masih menyebutkan  Gunung Pulosari adalah gunung keramat. Walupaun  dalam Babad Banten disebutkab bahwa Gunung Karang dan Gunung Aseupan disebut-sebut sebagai tempat kegiatan asal mula pendukung/masyarakat Banten,  Tetapai Gunung Pulosari dinyatakan lebih penting sitinjau dari segi kekeramatannya. Ini mungkin disebabkan karena Gunung Pulosari sejak zaman prasejarah dianggap sebagai gunung suci. 



Dimana letak Situs Batu Goong, Pandeglang? Situs Batu Goong berada  di sebuah perbukitan yang disebut Kaduguling, terletak di Kampung Cigadung, Desa Sukasari, Kecamatan Menes, dengan ketinggian sekitar 250 meter dari permukaan  laut. Jarak dari Ibu Kota Pronvinsi Banten ke lokasi Batu Goong ini sekitar 72 km, dari Ibu Kota kabupaten Pandeglang sekitar 59 km dengan  kondisi  jalan ada  yang beraspal, sebagian lagi berupa jalan tanah.


Anda yang berminat yuk kita sesekali berkunjung ke Situs Batu Goong, Pandeglang agar kita tahu sejarah dan karakter bangsa kita.


= Baca Juga =



1 Comments

  1. Trimks infonya. Luar biasa..................

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post