INI TUJUAN WISATA TERPOPULER LIBURAN TAHUN BARU

Kegiatan traveling merupakan kegiatan yang kini digemari oleh banyak orang serta banyak kalangan. Dimanapun tujuannya, setiap perjalanan tentunya akan memberikan para traveler atau seorang pejalan pengalaman juga pengetahuan yang menarik baik itu di dalam maupun di luar negeri. 
Mau kemana Liburan akhir pekan, dan liburan natal dan tahun baru ini? Berlibur ke luar negeri, tentu akan menemukan lebih banyak pengetahuan serta tantangan yang patut untuk dicoba. Namun tidak semua pejalan yang beruntung untuk dapat bepergian ke luar negeri karena beberapa alasan misalnya seperti masalah ekonomi, kendala dalam menurus visa dan passport. 




Namun jangan salah banyak tujuan wisata di Indonesia yang juga sangat populer mirip seperti di luar negeri yang menjadi pilihan menarik pada Liburan Tahun Baru ini. Dengan begitu kalian dapat termotivasi atau mungkin mengobati rindu ke luar negeri dengan mengunjunginya. Destinasi wisata tersebut berada di berbagai propinsi di Indonesia, sehingga kalian tidak perlu ke luar negeri untuk menyaksikannya. Berikut destinasi tersebut :

1. Punthuk Setumbu, Magelang

Punthuk Setumbu di Magelang Jawa Tengah(sumber)
Suasana pagi di Bagan, Myanmar
Menyaksikan candi-candi yang dikelilingi oleh kabut serta awan yang membuatnya seakan melayang dan mistis, adalah keindahan wisata yang disuguhkan di Bagan, Myanmar. Namun kini hal yang sama juga dapat disaksikan di Punthuk Setumbuk atau tepatnya di Magelang.
Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu bukit kecil yang lumayan tinggi di sekitaran candi Borobudur. Letak bukit ini tepatnya berada di Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sebagian besar mengenalnya sebagai Borobudur Nirwana Sunrise Punthuk Setumbu. Dari bukit ini kalian dapat menyaksikan keindahan canti Borobudur ketika pagi yag seakan melayang di atas awan. 

2. Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri (sumber)
Arc De Triomphe di Paris, Perancis (sumber)
Sudahkah kalian tahu bahwa ternyata kota Kediri memiliki bangunan yang mirip dengan Arc de Triomphe di Paris, Perancis. Monumen yang dijadikan sebagai ikon kota ini diberi nama Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen Simpang Lima Gumul merupakan bangunan seluas 804 meter persegi dengan tinggi 25 meter dan terdiri dari 6 lantai. Sama halnya dengan Monas di Jakarta, monumen ini juga sering dijadikan sebagai tempat diadakannya berbagai festival serta beberapa kegiatan menarik yang dapat dinikmati oleh warga Kediri dan sekitarnya. 

3. Pasar Terapung Banjarmasin 

Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin (sumber)
Floating market Bangkok, Thailand (sumber)
Jika selama ini floating market atau pasar terapung selalu identik dengan wisata di Thailand serta Vietnam, kalian tentu salah menduganya. Karena pada kenyataannya, Indonesia juga memiliki pasar terapung yang dapat ditemui di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Terdapat dua pasar terapung yang dapat kalian dan wisatawan kunjungi, yakni Pasar Terapung Muara Kuin yang berlokasi di Sungai Kuin, Banjarmasin, dan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.
Sama dengan pasar pada umumnya, pasar terapung ini juga menjual barang-barang seperti sayuran, buah dan ikan. Tidak hanya bahan makanan, pasar ini juga menjual makanan siap saji seperti roti, kue, kopi, nasi, bahkan sate dan ikan goreng. Pasar terapung yang hanya ada pada pagi hari ini kini menjadi salah satu obyek wisata andalan di Banjarmasin.

4. Taman Hutan Bambu, Surabaya

Hutan Bambu Keputih, Surabaya (sumber)
Keindahan Hutan Bambu Sagano di Jepang memang sangat mendunia, tentu membuat siapapun ingin menyaksikannya secara langsung. Namun sebelum benar-benar bisa pergi ke Jepang, tidak ada salahnya untuk melihat hutan bambu yang mirip dengan Hutan Bambu Sagano Jepang ini. Berada di Surabaya, tepatnya berada di samping terminal angkot Keputih, Sukolilo, Surabaya.
Dulunya wilayah Hutan Bambu Keputih Surabaya ini merupakan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, kemudian dikarenakan TPA di Surabaya kini dipindahkan ke Benowo, Ibu Risma sebagai wali kota Surabaya menjadikan tempat ini beralih fungsi sebagai Taman Hutan Bambu.

5. Bukit Jaddih Madura

Bukit Jaddih di Bangkalan, Madura (sumber).
Dikenal dengan Cappadocia, yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Turki berupa kota batu yang terdiri dari lubang-lubang yang menyerupai goa. Di Madura kini muncul sebuah tempat yang suasananya diyakini mirip dengan Cappadocia, kalian tentu penasaran dimana tempat ini berada bukan?
Terletak di kecamatan Bangkalan, Madura. Dikenal dengan sebutan Bukit Jaddih yang ternyata merupakan petambangan kapur menyerupai bukit, yang hingga sekarang masih aktif digali. Kegiatan tambang menciptakan beberapa lokasi yang sudah tidak bisa dimanfaatkan dan menyisakan lubang-lubang yang menyerupai goa.

6. Brown Canyon, Semarang

Grand Canyon di Amerika Serikat (sumber)
Grand Canyon yang berupa tebing-tebing megah merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Amerika yang cukup terkenal. Jika kalian pernah memimpikan untuk datang kesana, mari sebelum itu terwujud datanglah lebih dulu ke Semarang, karena di kota ini juga terdapat tebing yang rupanya mirip dengan Grand Canyon.
Maka dengan alasan kemiripan tersebutlah kini tempat ini dikenal sebagai Brown Canyon. Terletak di Tembalang, Semarang, ternyata lokasi ini adalah tempat penambangan yang dibiarkan apa adanya sehingga menyerupai tebing-tebing megah ala Grand Canyon. (Baca Juga : Brown Canyon, Salah Satu Tempat Wisata Yang Instagram Able Di Semarang)

7.   Patung Slepping Buddha Di Mojokerto

Sleeping Buddha di Trowulan, Mojokerto (sumber)
Sleeping Buddha di Hatyai, Thailand
Di Thailand tersebar banyak patung buddha berwarna emas yang memiliki posisi tidur atau disebut dengan Sleeping Buddha, salah satunya berada di Hatyai, Thailand Selatan. Namun ternyata patung serupa juga terdapat di Mojokerto, Jawa Timur. Sebenarnya ada empat patung Buddha tidur yang juga tersebar di Indonesia, namun patung yang terbesar berada di Mahavihara Majapahit, Trowulan, Mojokerto ini.
Patung Sleeping Buddha ini memiliki ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Menariknya lagi, patung Buddha tidur di Mojokerto ini menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal. Berdasarkan sejarah patung tersebut dibangun oleh YM Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993. 

8. Raja Ampat Papua

Phi Phi Island di Thailand (sumber)
Keindahan kepulauan Raja Ampat kini sudah tidak asing lagi di telinga para pejalan, kepulauan yang  berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat ini di gadang-gadang mirip dengan Phi Phi Island yang berada di Thailand. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa Raja Ampat lebih indah dari Phi Phi Island yang menjadi lokasi film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio tersebut.
Ingin membuktikan mana yang lebih indah?! Silahkan mengunjungi keduanya, namun pastikan agar tidak melewatkan Raja Ampat Papua dimana kalian bisa melihat puluhan pulau yang berbukit-bukit hijau dengan air laut yang begitu jernih. 

9. Air Terjun Moramo 

Air Terjun Moramo di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara (sumber)
Terletak di kabupaten Konawe Timur, tepatnya di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa Sulawesi Tenggara, terdapat air terjun Moramo yang meskipun tidak sebesar Niagara, namun keindahannya tidak kalah dengan air terjun Niagara yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada itu. Meskipun kecil air terjun Moramo dapat membuat kalian merasa seperti mendengar kerasnya suara air yang bergemuruh seperti di Niagara.
Karena air terjun Moramo yang lebih kecil dari Niagara, membuat para pengunjung dapat langsung menikmati air terjun Moramo lebih dekat bahkan mandi di air terjun tersebut, kegiatan yang sudah pasti tidak bisa kalian lakukan di Niagara yang airnya sangat deras bukan?!  

10.  Green Canyon Ciamis

Green Canyon di Ciamis, Jawa Barat (sumber)
Green Canyon atau biasa disebut Cukang Taneuh terletak di desa Cijulang Ciamis Jawa Barat tidak jauh dari Pangandaran. Dikarenakan alam sungai Cijulang yang dianggap mirip dengan ngarai-ngarai eksotik di Grand Canyon Colorado, Amerika Serikat, membuat daerah tersebut kini dikenal dengan nama ”Green Canyon”.
Di Green Canyon Cukang Taneuh, kalian dapat menyaksikan sungai dengan air berwarna hijau tosca yang diapit dengan bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Di tempat ini juga kalian akan menemukan sungai yang menembus gua dengan keindahan batu-batu stalaktit dan stalakmit disekitarnya. Perbedaannya terletak di luasnya area dan kondisi alam Grand Canyon Amerika yang jauh lebih gersang. 

11. Pantai Ora Maluku

Keindahan pantai di Maladewa (sumber)
Jika ada pertanyaan mengenai dimana tempat yang cocok untuk merasakan liburan layaknya di Maladewa, tentu saja jawaban yang paling tepat adalah di Pantai Ora. Pantai Ora merupakan pantai yang masuk kedalam jajaran pantai paling cantik di Indonesia.
Pantai yang letaknya di Maluku ini dianggap spesial karena memiliki latar belakang pantai yang berair jernih sebening kaca. Keindahan yang luar biasa tersebut membuat siapapun setuju kalau keindahan Pantai Ora sama seperti Maladewa, karena keduanya sama-sama memiliki laguna dengan pantai yang tenang, air yang jernih dan banyak penginapan yang dibangun di atas air. 

12.  Taman Nasional Baluran 

Taman Nasional Baluran di Banyuwangi, Jawa Timur (sumber)
Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kini keberadaan Taman Nasional Baluran sering dijuluki sebagai Afrika-nya Jawa, karena disini kalian dapat menemukan miniatur Savanna Afrika dengan savana yang terbentang luas dan banyak satwa liar yang berkeliaran mirip di Afrika.
Tidak hanya lansekapnya, kalian juga bisa melihat sekelompok rusa dan banteng diantara rerumputan. Di taman nasional ini juga dikenal memiliki banyak monyet dan berbagai jenis burung. Pemandangan Gunung Baluran yang mirip Kilimanjaro serta hamparan savana dan rumput yang mengering berwarna keemasan akan menambahkan kesan bahwa kalian benar-benar berada di Afrika. 

13. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gurun Sahara di Afrika Utara (sumber)
Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu destinasi yang kini begitu fenomenal di Yogyakarta. Gumuk pasir merupakan satu-satunya padang pasir di Asia Tenggara, di tempat ini kalian akan menemukan gundukan-gundukan yang berisi material pasir di sepanjang Pantai Parangtritis-Parangkusumo sampai muara Sungai Opak, penampakan tersebut membuatnya disebut sebagai Padang Sahara mini.
Tidak hanya menikmati pemandangan yang unik dan tidak biasa, kalian juga dapat mencoba kegiatan Sandboarding di tempat ini. Yakni surfing di atas pasir dengan menggunakan papan luncur yang memang dapat disewakan untuk para pengunjung. 

14. Sungai Maron, Pacitan

Mengarungi Sungai Amazon di Brazil (sumber)
Pernah berkhayal untuk dapat menyusuri sungai di Amazon?! Kini hal tersebut bisa diwujudkan tanpa perlu jauh pergi ke Amazon, kalian cukup dengan menyusuri sungai Maron yang berada di Pacitan, Jawa Timur. Menyusuri Sungai Maron dengan perahu akan membuat kalian seolah-olah masuk kepedalaman hutan Amazon.
Karena keadaan alam di sekitar sungai Maron yang begitu asri ini membuat suasana menjadi sangat mirip dengan Sungai Amazon. Lokasi sungai ini berada di Desa Maron, Kecamatan Donorojo, Pacitan dan menjadi salah satu tempat wisata yang sedang naik daun di Jawa Timur. 

15. Kebun Raya Cibodas 

Pohon Sakura di Kebun Raya Cibodas (sumber
Sakura di Shinjuku Gyoen National Garden, Jepang (sumber)
Hanya cukup datang ke Kebun Raya Cibodas, kalian yang ingin melihat Sakura tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Jepang untuk menikmati keindahannya. Di kebun raya ini kalian bisa melihat pohon Sakura yang sudah ditanam sejak tahun 1953 yang akan berbunga pada sekitar bulan Januari-Februari atau Februari-Maret.
Di Kebun Raya Cibodas juga telah ditanam ratusan pohon Sakura dengan 7 jenis tanaman Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, dan Prunus costata. Dengan begitu kalian dapat merasakan sensasi `hanami`(tradisi melihat bunga di Jepang) tanpa harus pergi ke Jepang dengan melihat mekarnya bunga Sakura di Cibodas. 


sumber http://liburmulu.com/





= Baca Juga =



*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post